Sabtu, 24 September 2011

Awan dan Alam

pernah gak kalian memerhatikan kondisi langit?
misalnya bentuk awan,posisi matahari,kejernihan langit,pokoknya all about sky?
kali ini ane mau share sedikit nih tentang awan.Karena biasanya orang orang hanya bisa menduga-duga yang akan terjadi pada alam dengan melirik sedikit keadaan langit.Terutama ibu-ibu yang  banyak jemuran "mendung nih.panas nih.mau hujan kali ya?".nah kita bisa tahu hal itu benar akan terjadi atau tidak dari awan,misalnya...

 Awan Tinggi
Awan Cirrostratus adalah awan tipis berbentuk seperti tirai dan menutup sebagian besar langit. Letak awan ini  berada di ketinggian diatas 6000 m dari permukaan bumi.  menandakan bahwa hujan akan datang 12 jam ke depan.

Awan Cirrus adalah awan yang terdiri dari kristal es. Awannya berbentuk seperti kapas tipis. Efek dari awan ini adalah membuat cuaca di bumi jadi panas atau dingin.
Sirus kelihatan seperti kapas tipis dan awan ini menunjukkan cuaca agak cerah. Namun, bila ada banyak awan Cirus di langit, itu berarti terjadi gangguan udara. Dan bila itu terjadi, kemungkinan akan terjadi angin ribut atau angin topan gede gitcu...




Awan menengah
Berada di ketinggian diantara 3000m sampai dengan 6000m
Awan Altostratus adalah awan yang punya karakter abu-abu ,padat, dan berjurai-jurai.  Awan Altostratus berpotensi bahaya, karena dapat mengakibatkan tumbuhnya es di motor mabur. (Pesawat terbang kalo' kata orang jawa)


Awan Altokumulus berkepul-kepul, tidak rata dan berlapis.Selalunya awan itu membayangkan keadaan cuaca yang baik. :D   
  Awan rendah:Awan Nimbostratus gelap dan mempunyai lapisan-lapisan jelas dan dikenali juga sebagai awan hujan.

Awan Stratus sangat rendah, tebal dan berwarna kelabu. Awan ini kelihatan seperti lelangit rendah atau kabus di tanah.





Awan Cumulus berbentuk kelompok-kelompok awan bulet yang letaknya vertikal. Biasanya mempunyai bentuk seperti jagung brondong. Nih awan menghasilkan hujan beserta angin yang kencang.kadang juga disertai petir dan gemuruh.Tapi gak akan menyebabkan badai kok


Awan Cumulonimbus adalah awan yang bentuknya berlapi-lapis. Awan ini berwarna abu-abu dan menjulang tinggi seperti bunga kol gitu dech. Pada saat awan ini muncul , biasanya langit keliatan gelap banget. Awan ini membawa hujan yang disertai dengan kilat n petir. Kemungkinan gak lama setelah muncul kilat n petir akan muncul angin puting beliung.Awan Kumulonimbus berbentuk kelompok-kelompok besar. Kelompok-kelompok yang berwarna putih dan hitam ini mempunyai bentuk dan rupa yang beranekaragam. 



Nah,ternyata Allah SWT sudah menyedikan awan sebagai informan buat kita semua dalam memprediksi apa yang akan terjadi pada alam.Semoga yang punya jemuran atau yang mau keluar rumah karena ada kegiatan ,gak galau lagi karena kabar unggas yang menyatakan akan terjadi hal yang tidak diinginkan.
okelah sekian dulu.syukran katsiran...ilalliqo'.... :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar